27 September 2010

Dana Minim, Pemilukada Putaran Kedua bisa Sukses

Pj Bupati Padangpariaman Febri Erizon menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangpariaman, karena telah berhasil menyelesaikan tugas yang sangat berat yang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang dilakukan dengan dua putaran.

"Semua itu, dapat terlaksana dengan baik, aman dan sukses adalah berkat kerjasama yang baik antara KPU, Panwas dengan semua stakeholder dan pihak terkait lainnya," ungkap Pj Bupati Padangpariaman Febri Erizon dalam acara KPU Padangpariaman melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk pasangan Kepala daerah Padangpariaman periode 2010-2015 di Gedung DPRD Kabupaten Padangpariaman, kemarin.

Katanya, Rekapitulasi hasil penghitungan suara ini merupakan tahapan terakhir dari pelaksanaan Pemilukada, sebelum dilakukannya Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Kita patut bersyukur, karena semua tahapan dari Pemilukada di Kabupaten Padangpariaman telah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, walaupun dengan pendanaan yang minim dan waktu yang sangat terbatas. Semenjak tahap pendaftaran calon pada tanggal 2 April lalu hingga hari ini, Alhamdulillah tidak ada permasalahan serta kendala yang menganggu proses tahapan Pemilukada di daerah kita berjalan dan dan terkendali," ungkapnya.

Dikatakan, puncak dari Pemilukada ini telah usai, yaitu hari pencoblosan. Oleh karena itu, mari semua masyarakat untuk kembali bersatu sebagai warga masyarakat, pengurus Partai dan tokoh politik dalam kontek bagian dari Kabupaten Padangpariaman.

Apapun katanya, hasil dari Rekapitulasi nantinya, adalah sebuah keputusan yang terbaik. Terbaik bagi masyarakat dan terbaik bagi Padangpariaman, karena yang memilih adalah seluruh masyarakat Padangpariaman.

Tidak ada yang kalah dan yang menang dalam hal ini, Kemenangan untuk Padangpariaman dan kekalahan juga bagi Padangpariaman.

"Mungkin kita boleh mencontoh tradisi dunsanak kito di Pariaman dalam Prosesi Hoyak tabuik. Apabila Tabuik sudah dibuang ke laut, tidak ada lagi permusuhan dan rasa dendam antara kedua kubu anak tabuik (Pasa dan Subarang). Mereka kembali berangkulan setelah Tabuik dibuang menjelang senja," ujarnya.

Perbedaan yang kerapkali menyimpan resiko konflik, memang tidak perlu terjadi di daerah ini. Karena kabupaten Padangpariaman mendapat predikat sebagai penyelenggara Pemilukada paling aman dari 13 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat pada putaran pertama lalu.

"Mudah-mudahan kesuksesan ini dapat kita raih kembali pada Pemilukada Putaran kedua ini. Kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya, kami menumpangkan berjuta harapan dari masyarakat. Jangan sampai terlena dengan kemenangan, karena amanah yang disandang dan tanggung jawab moril kepada masyarakat merupakan prioritas utama yang harus dilaksanakan," ucapnya.

Disamping melakukan tugas pokok sebagai Kepala daerah, tetaplah melakukan komunikasi dengan masyarakat dan para perantau.

Para elit-elit politik dan tokoh masyarakat juga punya peran strategis dalam hal ini. Mereka sangat diharapkan dapat saling menjalin komunikasi intensif guna menghilangkan perbedaan yang mungkin mucul sebelum atau pada hari pencoblosan.

"Untuk itu, mulai hari ini, marilah kita hilangkan semua rasa dendam, benci, iri, maupun perasaan tidak baik lainnya pada diri kita masing-masing. Bukalah hati dan luruskan niat, bahwa semua hal yang kita lakukan ini murni dan tulus hanya untuk beribadah kepada Allah. Semua kita mempunyai niat yang sama yaitu, mengabdi untuk kepentingan masyarakat, untuk membangun bersama daerah yang kita cintai, Kabupaten Padangpariaman ke arah yang lebih maju dan lebih baik," ujarnya mengakhiri.

Kemudian usai acara pembukaan KPU Kabupaten Padangpariaman langsung melakukan rekapitulasi jumlah suara untuk masing-masing Kecamatan se Kabupaten Padangpariaman. Acara tersebut langsung dikomandoi Ketua KPU Padangpariaman Suhatri Bur dan dibantu oleh semua anggota KPU Padangpariaman.

Hadir pada kesempatan itu semua unsur Muspida se Kabupaten Padangpariaman, Ketua PPK se Kabupaten Padangpariaman, partai politik, tim kampanye masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman periode 2010-2015.[]

Sumber: www.padang-today.com

No comments: