16 April 2011

Fakta Gempa Bumi di Dunia

Gempa bumi yang tercatat terbesar di Amerika Serikat adalah berkekuatan 9.2 yang melanda Prince William Sound, Alaska pada Good Jumat, 28 Maret 1964 UTC.

Gempa bumi yang tercatat terbesar di dunia adalah berkekuatan 9,5 (Mw) di Chili pada 22 Mei 1960.

Gempa bumi dilaporkan paling awal di California dirasakan pada tahun 1769 oleh ekspedisi eksplorasi Gaspar de Portola sedangkan kelompok itu berkemah sekitar 48 kilometer (30 mil) tenggara Los Angeles.

Sebelum elektronik diperbolehkan rekaman gempa bumi besar, ilmuwan dibangun seismometer besar musim semi-pendulum dalam upaya untuk merekam gerak periode panjang yang dihasilkan oleh gempa tersebut. Yang terbesar beratnya sekitar 15 ton. Ada berukuran sedang satu tiga cerita tinggi di Mexico City yang masih beroperasi.

Tingkat rata-rata gerak di San Andreas Fault Zona selama 3 juta tahun lalu adalah 56 mm / tahun (2 di / tahun). Ini adalah tentang tingkat yang sama di mana kuku Anda tumbuh. Dengan asumsi tingkat ini terus berlanjut, ilmuwan proyek yang Los Angeles dan San Francisco akan berdekatan satu sama lain dalam sekitar 15 juta tahun.

Afrika Timur Rift System adalah 50-60 km (31-37 miles) zona luas gunungapi aktif dan patahan yang memanjang utara-selatan di Afrika timur selama lebih dari 3000 km (1864 mil) dari Ethiopia di utara untuk Zambezi di selatan. Ini adalah contoh langka dari zona rift aktif benua, di mana sebuah pelat kontinental mencoba untuk membagi menjadi dua lempeng yang bergerak menjauh dari satu sama lain.

Yang pertama "pendulum seismoscope" untuk mengukur getaran dari tanah selama gempa dikembangkan pada 1751, dan itu tidak sampai 1855 bahwa kesalahan telah diakui sebagai sumber gempa bumi.Moonquakes ("gempa bumi" di bulan) memang terjadi, tetapi mereka terjadi lebih sering dan memiliki magnitudo lebih kecil dari gempa bumi di Bumi. Tampaknya mereka terkait dengan pasang surut stres yang terkait dengan jarak bervariasi antara Bumi dan Bulan. Mereka juga terjadi pada kedalaman besar, sekitar pertengahan antara permukaan dan pusat bulan.

Meskipun keduanya gelombang laut, tsunami dan gelombang pasang adalah dua phenomenona tidak berhubungan yang berbeda. Gelombang pasang adalah gelombang air dangkal yang disebabkan oleh interaksi gravitasi antara Matahari, Bulan, dan Bumi. Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gempa bawah laut atau tanah longsor (biasanya dipicu oleh gempa) menggusur air laut.

The gempanya gempa bumi adalah lokasi di bawah permukaan bumi di mana pecahnya kesalahan dimulai. Pusat gempa adalah lokasi tepat di atas hiposenter pada permukaan bumi.
Tanah terbesar di dunia adalah Pegunungan Himalaya-Karakoram. Ini berisi 96 dari 109 puncak dunia lebih dari 7.317 m (24.000 ft). Rentang terpanjang adalah pegunungan Andes Amerika Selatan yang 7.564 km (4.700 mil) panjangnya. Kedua diciptakan pergerakan lempeng tektonik bythe.

Hal ini diperkirakan terdapat 500.000 gempa bumi terdeteksi di dunia setiap tahun. 100.000 tersebut bisa dirasakan, dan 100 di antaranya menyebabkan kerusakan.

Diperkirakan bahwa lebih banyak kerusakan dilakukan oleh api yang dihasilkan setelah gempa bumi San Francisco 1906 daripada akibat gempa itu sendiri.
Sebuah seiche (SAYSH diucapkan) adalah apa yang terjadi di kolam renang dari California selama dan setelah gempa bumi. Ini adalah "sebuah gelombang osilasi internal dalam tubuh air" atau, dengan kata lain, itu adalah tumpah air di kolam renang Anda, atau badan air, tanah yang disebabkan oleh gempa bumi bergetar. Ini mungkin berlangsung beberapa saat atau jam, lama setelah gaya pembangkit hilang. seiche A juga bisa disebabkan oleh angin atau pasang surut.
Setiap tahun wilayah California selatan memiliki sekitar 10.000 gempa bumi. Kebanyakan dari mereka adalah sangat kecil bahwa mereka tidak merasa. Hanya beberapa ratus yang lebih besar dari magnitudo 3,0, dan hanya sekitar 15-20 yang lebih besar dari magnitudo 4,0. Jika ada gempa besar, bagaimanapun, urutan gempa susulan akan menghasilkan banyak gempa bumi lebih dari semua besaran selama berbulan-bulan.
Besarnya gempa bumi adalah nilai diukur dari ukuran gempa. besarnya adalah sama di mana pun Anda berada, atau seberapa kuat atau lemah yang gemetar di berbagai lokasi. Intensitas gempa adalah ukuran dari goncangan yang diciptakan oleh gempa, dan nilai ini tidak berbeda dengan lokasi.
Kisaran Wasatch, dengan area ski yang luar biasa, berjalan Utara-Selatan melalui Utah, dan seperti gunung semua kisaran itu dihasilkan oleh serangkaian gempa bumi. 386 km (240 mil)-panjang Wasatch Fault terdiri dari beberapa segmen, masing-masing mampu memproduksi sampai gempa M7.5. Selama 6.000 tahun terakhir, telah terjadi M6.5 + sekitar sekali setiap 350 tahun, dan sudah sekitar 350 tahun sejak gempa kuat terakhir, yang pada segmen Nefi.
Tidak ada hal seperti "cuaca gempa". Secara statistik, ada pemerataan gempa bumi dalam cuaca dingin, cuaca panas, cuaca hujan, dll Selain itu, tidak ada cara fisik yang cuaca bisa mempengaruhi kekuatan beberapa mil di bawah permukaan bumi. Perubahan tekanan udara di atmosfer sangat kecil dibandingkan dengan kekuatan di kerak bumi, dan efek dari tekanan udara tidak mencapai di bawah tanah.
Dari 1975-1995 hanya ada empat negara yang tidak memiliki gempa bumi. Mereka adalah: Florida, Iowa, North Dakota, dan Wisconsin.
Inti bumi adalah elemen struktur pertama internal diidentifikasi. Pada 1906 RD Oldham menemukannya dari penelitiannya terhadap gempa. Inti bagian dalam solid, dan inti luar cair dan begitu juga tidak mengirimkan energi gelombang geser dilepaskan selama gempa bumi.
Kolam renang di University of Arizona di Tucson kehilangan air dari tumpah (seiche) yang disebabkan oleh M8.1 1985 Michoacan, Mexico gempa 2000 km (1.240 mil).
Gempa bumi terjadi di bagian tengah Amerika Serikat juga! Beberapa gempa bumi sangat kuat terjadi di sepanjang sesar Madrid Baru di Lembah Mississippi pada 1811-1812. Karena struktur kerak di Amerika Tengah yang efisien energi seismik merambat, gemetar dari gempa bumi di bagian negara tersebut dirasakan pada jarak yang jauh lebih besar dari epicenters dari gempa ukuran hampir sama di Amerika Serikat Barat.
Kebanyakan gempa bumi terjadi pada kedalaman kurang dari 80 km (50 mil) dari permukaan bumi.
Kesalahan San Andreas TIDAK kesalahan, tunggal terus menerus, melainkan sebenarnya adalah zona sesar terdiri dari banyak segmen. Gerakan mungkin terjadi di sepanjang salah satu dari banyak segmen sesar sepanjang zona setiap saat. Sistem sesar San Andreas lebih yang 1300 km (800 mil), dan di beberapa tempat adalah sebanyak 16 km (10 mil) dalam.
Gempa paling mematikan di dunia yang tercatat terjadi pada tahun 1556 di Cina tengah. Ini melanda daerah dimana kebanyakan orang tinggal di gua-gua diukir dari batuan lunak. Rumah ini runtuh saat gempa, membunuh seorang 830.000 orang diperkirakan. Pada tahun 1976 gempa mematikan lainnya melanda di Tangshan, Cina, di mana lebih dari 250.000 orang tewas.
Florida dan North Dakota memiliki jumlah terkecil gempa bumi di Amerika Serikat.
Gempa bumi terdalam biasanya terjadi di batas lempeng mana Bumi "kerak sedang subduksi ke dalam mantel bumi. Ini terjadi sebagai sedalam 750 km (400 mil) di bawah permukaan.
Alaska adalah negara yang paling rawan gempa dan salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Alaska mengalami gempa bumi berkekuatan 7 hampir setiap tahun, dan besarnya 8 atau lebih besar gempa rata-rata setiap 14 tahun.
Sebagian besar gempa bumi dan letusan gunung berapi terjadi di sepanjang batas lempeng seperti batas antara Lempeng Pasifik dan Amerika Utara piring. Salah satu batas lempeng yang paling aktif di mana gempa bumi dan letusan sering terjadi, misalnya, adalah sekitar Lempeng Pasifik besar sering disebut sebagai Cincin Api Pasifik.
Bukti paling awal tercatat gempa bumi telah dilacak kembali ke 1831 SM di provinsi Shandong Cina, tetapi ada catatan yang cukup lengkap mulai tahun 780 SM selama Dinasti Zhou di Cina.
Hal ini diakui sejak 350 SM oleh Aristoteles ilmuwan Yunani yang tanah lunak getar lebih dari hard rock dalam gempa bumi.
Penyebab gempa dinyatakan benar tahun 1760 oleh insinyur Inggris John Michell, salah seorang bapak pertama seismologi, dalam memoar mana ia menulis bahwa gempa bumi dan gelombang energi yang mereka buat disebabkan oleh "massa pergeseran mil di bawah batuan permukaan ".
Pada 1663 pemukim Eropa mengalami gempa pertama mereka di Amerika.
Manusia dapat mendeteksi suara dalam rentang frekuensi 20-20,000 Hz. Jika gelombang P dibiaskan keluar dari permukaan batu ke udara, dan memiliki frekuensi dalam kisaran terdengar, maka akan terdengar sebagai gemuruh. Sebagian besar gelombang gempa memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz, sehingga gelombang itu sendiri biasanya tidak didengar. Sebagian besar suara gemuruh terdengar saat terjadi gempa bumi adalah bangunan dan isinya bergerak.
Ketika terjadi gempa Chili pada tahun 1960, seismograf mencatat gelombang seismik yang melakukan perjalanan di seluruh bumi. Gelombang seismik ini mengguncang seluruh bumi untuk beberapa hari! Fenomena ini disebut osilasi bebas dari Bumi.
Interior Antartika telah icequakes yang, meskipun mereka jauh lebih kecil, yang mungkin lebih sering dari gempa bumi di Antartika. Para icequakes mirip dengan gempa bumi, tetapi terjadi dalam lapisan es itu sendiri, bukan dari tanah di bawah es. Beberapa pengamat kutub kami telah memberitahu kami bahwa mereka dapat mendengar icequakes dan melihat mereka di stasiun seismograph Kutub Selatan, tetapi mereka terlalu kecil untuk dilihat pada stasiun yang cukup untuk mendapatkan lokasi.

Sumber: http://earthquake.usgs.gov
Terjemahan : http://translate.google.co.id

No comments: