30 September 2010

Kepemimpinan Bagindo Azizchan Harus jadi Referensi

Hari ini (Kamis, 30/9/2010) tepat satu abad (100 tahun) peringatan kelahiran Pahlawan Nasional Bagindo Azizchan. Bagindo Azizchan Bagindo Azizchan lahir di Kampung Alang Laweh Padang pada tanggal 30 September 1910.

Salah satu rangakaian kegiatan dalam peringatan ini adalah seminar nasional oleh Pemko Padang dengan tema "100 Tahun Kelahiran Bagindo Azizchan, Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Tenaga Pendidik di Kota Padang". Seminar ini dilaksanakan di Gedung Convention Center kampus UPI YPTK, Padang dan dihadiri lebih 1.000 guru se-kota Padang.

Salah seorang pembicara dalam seminar ini yang juga pakar sejarah, Mestika Zed mengatakan, Bagindo Azizchan adalah sosok pemberani dan tegas. "Bagindo Azizchan adalah sosok yang tak mau melakukan kompromi dengan penjajah Belanda," katanya.

Dikatakannya, sebagai founding father ada dua kelebihan yang dimiliki Bagindo Azizchan yakni, intelektualitas dan keteguhan pendirian dalam berjuang.

Menurutnya Mestika Zed, hikmah dari peringatan 100 tahun Bagindo Azizchan ini adalah barometer kepemimpinan bangsa saat ini dengan mendialogkannya pada warisan founding father. "Warisan itu harus menjadi referensi dalam menyikapi kepemimpinan hari ini dan masa datang agar tetap tegar," katanya. (*)

sumber: www.padang-today.com

No comments: