31 December 2011

Masak Rendang 5,2 Ton Raih Rekor MURI



Siapa yang tidak kenal rendang Padang sejak sudah mendunia. Bahkan, rendang Padang dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Menjelang tahun baru 2012, Sabtu (31/12) hari ini, Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, menggelar festival memasak rendang.

Festival dipusatkan di ruang terbuka hijau Imam Bonjol Padang. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring membuka festival. Festival ini memasak 5,2 ton daging, sehingga mendapatkan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk katagori peserta dan daging terbanyak.

Maklum, pemasaknya melibatkan 5.200 peserta. Masing-masing peserta memasak satu kilogram daging sapi untuk dijadikan rendang. Bumbu rendang terdiri dari santan kelapa, cabai merah, lengkuas, lada, jahe, garam dan bumbu-bumbuan dari daun-daunan.

Pemenang diganjra hadiah satu unit mobil. Ada pula hadiah sepeda motor, kulkas, kipas angin dan uang tunai. Penilaian didasarkan pada kelezatan, kebersihan dan seni memasak. Para pemasak ada yang memakai baju kebaya, persis seperti penampilan wanita tempo dulu.

Presiden MURI Paul Wienarto menyerahkan piagam MURI rendang terbanyak kepada Wali Kota Padang Fauzi Bahar. Di tempat yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring meminta pemerintah mematenkan rendang Padang. Pasalnya, rendang Padang sudah terkenal ke manca negara sebagai masakan terlezat di dunia.

Sumber: metrotvnews.com

No comments: