10 March 2011

Verifikasi PayPal dengan KTP dan Buku Tabungan

Verifikasi Akun PayPal Dengan KTP Dan Buku Tabungan Bank LokalPada tulisan ini saya akan melanjutkan tulisan sebelumnya tentang verifikasi akun PayPal dengan KTP dan buku tabungan bank lokal atau biasa disebut verifikasi akun PayPal secara manual. Saya mohon maaf karena setelah memposting tulisan tersebut saya tidak langsung menulis lanjutannya ini, melainkan menerbitkan tulisan lain, yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan proses verifikasi akun PayPal.

Sebelum Anda benar-benar mempraktekkannya, perlu diketahui bahwa langkah demi langkah verifikasi akun PayPal dengan KTP dan buku tabungan bank yang akan saya tuturkan disini berdasarkan pengalaman saya ketika melakukan verifikasi akun PayPal saya beberapa waktu yang lalu. Saya tidak dapat menjamin apakah Anda berhasil atau tidak meski pun Anda telah mengikuti langkah-langkahnya. Namun begitu, beberapa teman saya pernah melakukan hal yang sama dan mereka berhasil membuat akun PayPal miliknya terverifikasi. So, tidak ada salahnya Anda mencoba. Mari!

Disini Anda akan memverifikasi akun PayPal Anda secara manual, yakni dengan KTP dan buku tabungan bank, maka dari itu langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah men-scan kedua dokumen tersebut. Perlu diingat, hasil scan kedua dokumen tersebut harus dapat dibaca dan ukuran keduanya tidak melebihi 500KB. Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada sedikit pun hasil scan yang terpotong, dan disimpan dalam format JPEG (.jpg). Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat contoh dokumen yang pernah saya kirimkan ke pihak PayPal melalui tautan ini dan ini.

Nah, setelah hasil scan buku tabungan dan KTP Anda benar-benar sesuai dengan apa yang saya katakan diatas, maka langkah selanjutnya ialah masuk ke akun PayPal Anda. Langkah ini bukan untuk memverifikasi akun PayPal Anda, melainkan hanya untuk mengontak pihak PayPal menyangkut masalah Anda ketika Anda mencoba melakukan verifikasi. Oleh karena itu, saya sarankan supaya Anda mencoba memverifikasi akun PayPal Anda terlebih dahulu melalui akun Anda, sehingga Anda benar-benar tahu masalah yang akan Anda hadapi. Caranya, setelah Anda login, pilih menu Profile > Add/Edit Credit Card, kemudian masukkan informasi kartu debit Anda. Biasanya, ketika Anda mencoba menekan tombol Add Card, pesan error seperti berikut akan tampak pada bagian atas halaman :


Pada bagian ini saya berasumsi bahwa Anda telah mencoba melakukan verifikasi akun PayPal Anda melalui akun Anda namun Anda melihat pesan error seperti diatas, intinya gagal. Oleh karena itu, saatnya Anda masuk kembali ke akun Anda guna melaporkan kegagalan tersebut ke pihak PayPal dan menanyakan solusinya. Disana Anda bisa langsung menghubungi pihak PayPal melalui Contact Us yang terdapat pada bagian panel bawah.

Pada halaman selanjutnya pilih Send us a question by email dibawah Email us.

Contact us by email

Pada halaman selanjutnya pilih Bank Account/Credit Card dan pilih radio button Credit Card – Link and Confirm. Sedangkan pada kotak tunggal yang ada pada halaman tersebut diisi dengan subjek pertanyaan Anda, kemudian tekan Continue.

Pilih No pada pertanyaan Have you received your PayPal Expanded Use Number?, kemudian masukkan empat nomor terakhir kartu ATM Anda pada kotak dibawahnya. Kosongkan saja kotak-kotak lainnya terkecuali kotak paling besar yang berada paling bawah dan kotak Question yang telah diisi pada halaman sebelumnya. Isilah kotak tersebut dengan pesan Anda yang intinya Anda menjelaskan kegagalan Anda ketika mencoba memverifikasi akun PayPal Anda dengan kartu debit bank lokal. Bila perlu, sebutkan juga nama bank yang Anda gunakan saat itu. Periksa ulang pesan yang Anda tulis sebelum Anda benar-benar menekan tombol Continue.

Detil Pertanyaan
Gambar 0.5

Setelah Anda menekan tombol Continue, maka Anda tinggal menunggu balasan dari tim PayPal melalui kotak masuk email Anda, biasanya paling lambat memakan waktu hingga 1-2 hari kerja. Berikut ini contoh email balasan yang saya terima dari pihak PayPal setelah mengirim pesan dengan cara diatas :

Hello Ghufron,

Thank you for contacting PayPal customer service. My name is Kaswiti and I am happy to assist you.

From your email, we understand that you have some questions about account verification issue. You mentioned that you would like to verify your account with a debit card and you are wondering how to get your account verified. Please allow me to explain this for you.

After checking your account, we find that your account is register in Indonesia. For account verification, user can add a credit card to complete this process at this moment. That’s why you met with the error message when you tried to add a debit card to verify your account. Please kindly notice that any debit card with VISA or MASTER logo can be regarding as credit card. Hence, if there any such logo, you can add it and get your account verified.

If there is no such logo and it is quite impossible for you to apply for a credit card at this moment, you can send us your photo ID together with your proof of address such as your bank statement or utility bill with your name and address and fax to 65-6510-4596. Please remember to write down your email address and your reason and we would help you manual verify your account.

Please feel free to contact us if you have any question.

Thanks again for your support.

Sincerely,
Kaswiti
PayPal, an eBay Company

Tahu, kan artinya? Intinya dalam email tersebut Kaswiti menjelaskan bahwa dirinya bisa membantu saya memverifikasi akun PayPal saya secara manual. Ia menyarankan supaya saya mengirimkan scan photo ID beserta buku tabungan bank melalui nomor fax yang tercantum dalam email tersebut.

Nah, jika memang nanti email yang Anda terima mengatakan demikian, maka saat itu juga Anda sudah bisa mengirimkan hasil scan KTP serta buku tabungan milik Anda melalui nomor fax tersebut. Bagaimana jika tidak memiliki fax? Jangan khawatir! Itu persis seperti yang saya alami dulu, saya tidak mempunyai fax. Oleh karena itu, saat itu saya tidak mengikuti apa yang ia katakan, melainkan membalas email tersebut dan menjelaskan bahwa saya tidak memiliki fax, dan saya juga bertanya bagaimana jika kedua dokumen tersebut saya kirim melalui email saja. Berikut ini email kedua yang saya terima dari tim PayPal :

Hello Ghufron .

Thank you for contacting PayPal. I am Sinem. I am happy to assist you
with your question regarding PayPal.

I understand you want to manually verify your PayPal account however you
do not have a fax, I am glad to help you here.

Do not need to worry, since you have no fax, you may also reply to my
email directly and attach your photo ID and the address bill. Then we
will help you to attach your documents to our related department.

If you need any other further assistance, please do not hesitate to
contact us.

In order to better serve you and resolve your problem earlier, you may
try to call PayPal customer service center. You can contact us through
the following ways:

Hotline for Singapore Customer Service: (65) 6510-4650
Hotline for Hong Kong Customer Service: (852) 3550-8574
Hotline for Shanghai(China) Customer Service: (86) 2891-3888

It is my pleasure to assist you. Thank you for choosing PayPal.

Sincerely,
Sinem

Perhatikan baris ketiga dalam email diatas, pengirim menjelaskan bahwa saya tidak perlu khawatir meski pun saya tidak memiliki fax, karena saya bisa membalas email tersebut secara langsung serta melampirkan kedua scan photo ID dan buku tabungan bank saya itu didalamnya. Oleh karenanya, tidak menunggu lama lagi, saya langsung melakukan apa yang ia katakan, dan setelah menunggu sekitar satu hari, hasilnya akun saya terverifikasi dengan sukses. Berikut ini email pemberitahuan yang saya terima :

Dear Ghufron,

Thank you for contacting PayPal in regard to the verification issue.

We’ve manual verified your PayPal account per request.

Thank you for being part of the PayPal community.

Sincerely,
Hui
PayPal Account Review Department
PayPal, an eBay Company

Copyright© 2010 PayPal Inc. All rights reserved.

Consumer advisory: PayPal Pte Ltd, the Holder of the PayPal™ payment
service stored value facility, does not require the approval of the
Monetary Authority of Singapore. Consumers (users) are advised to read
the terms and conditions carefully.

Nah, sekarang giliran Anda memverifikasi akun PayPal Anda, dan jika ternyata Anda belum memilikinya, silahkan membuat akun terlebih dahulu.






No comments: